Tips Kesehatan Dan Kecantikan

logo blog

Manfaat Vitamin B Kompleks

Manfaat Vitamin B Kompleks

Vitamin B yaitu satu type vitamin yang gampang larut di air serta memiliki fungsi yang demikian utama dalam metabolisme badan. Dahulu, beberapa peneliti mengira bahwa vitamin B itu sama juga dengan type vitamin yang lain, seperti vitamin A, vitamin C, dan lain-lain. Tetapi, sesudah riset dikerjakan selanjutnya lagi. Pada akhirnya, riset itu tunjukkan bahwa komposisi kimia yang ada didalamnya membedakan pada vitamin yang satu dengan yang lain.

Manfaat Vitamin B Kompleks

Vitamin B sendiri terdiri kedalam bagian-bagian, yaitu vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), B12 (kobalamin). Di dalam sebagian type makanan spesifik ada yang memiliki kandungan kian lebih satu type vitamin B. Untuk makanan yang memiliki kandungan seluruhnya type vitamin B, jadi makanan itu dapat disebutkan juga sebagai makanan yang memiliki kandungan vitamin B kompleks.

Setiap sisi dari vitamin B itu mempunyai manfaat serta fungsi yang tidak sama. Untuk vitamin B1, B2, B3, serta B7 mengambil sisi dalam produksi daya. Vitamin B6 berperan untuk metabolisme asam amino. Sedang vitamin B12 serta asam folat menolong dalam pemisahan sel. Masing-masing vitamin ini mempunyai manfaat tambahan yang lain.

Vitamin B banyak ditemukan dari buah dan sayur serta lauk pauk yang dimakan oleh Anda setiap harinya. Misalnya untuk jenis vitamin B1 diantranya kacang lentil, kacang almond, dan sayur bayam, selada kobis, ikan telur, susu, dan juga daging. Sedangkan untuk vitamin B2 banyak ditemukan pada ayam, ikan salmon, ikan tuna, dan juga terdapat pada pasta dan gandum utuh.

Apa saja manfaat vitamin B kompleks? Untuk mengetahui seperti apa saja manfaatnya, silahkan disimak beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari vitamin B.

1. Meningkatkan energi
Tubuh manusia membutuhkan vitamin B kompleks pada saat akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang kemudian menghasilkan sebuah energi pada saat melakukan aktivitas ataupun latihan. Bilamana tubuh kekurangan vitamin B, maka proses produksi energi pun tidak akan berjalan secara normal sehingga Anda akan mudah merasa lelah dalam menjalani aktivitas setiap harinya.

2. Meningkatkan fungsi otak
Dalam meningkatkan fungsi memori dan konsenstrasi, kebutuhan akan vitamin B kompleks sangatlah penting. Vitamin B bekerja dengan cara membangun perisai pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman homosistein yang dikenal sebagai racun bagi sel-sel saraf.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, vitamin B juga berperan dalam mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan juga stroke.

4. Menjaga sistem pencernaan
Bila Anda mengalami sebuah masalah pada bagian sistem pencernaan Anda itu berarti Anda harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa vitamin B itu sangat mudah larut dalam air sehingga ia mampu memperbaiki sistem pencernaan dan asam klorida.

5. Menjaga kesehatan kandungan
Untuk faedah selanjutnya yaitu untuk mereka yang tengah melakukan saat kehamilan. Untuk seorang ibu hamil, keperluan bakal vitamin B9 sangat utama lantaran hal semacam itu bisa kurangi resiko terjadinya cacat lahir yang serius. Vitamin B sangat efisien jika di ambil dalam jumlah yang cukup ketika saat sebelum hamil serta sepanjang awal saat kehamilan. Vitamin B atau asam folat memberi peran yang cukup baik dalam perubahan DNA yang selanjutnya memaksimalkan perkembangan janin. Seorang ibu yang tengah hamil serta menyusui disarankan untuk penuhi keperluan vitamin B9 seputar 400 mg sehari-harinya.

Vitamin B kompleks cukup banyak diketemukan pada makanan buah-buahan maupun sayuran. Tetapi, bila seumpamanya Anda kurang sukai dengan makanan yang memiliki kandungan vitamin itu. Anda dapat pula konsumsi suplemen yang memiliki kandungan vitamin B kompleks.

Itulah faedah vitamin B kompleks yang dapat Anda kenali pada sekarang ini. Semoga dapat menambah pengetahuan baru buat Anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Perawatan Kecantikan Dan Kesehatan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger