Tips Kesehatan Dan Kecantikan

logo blog

Cara Mengolah Ikan Segar Supaya Lebih Sehat

Cara Mengolah Ikan Segar Supaya Lebih Sehat

Bukanlah hal yang baru untuk kita bahwa ikan memiliki banyak faedah terutama yang ada hubungannya dengan kesehatan. Sebagian type ikan kaya kandungan asam lemak omega 3 yang dinilai dapat kurangi resiko stroke, penyakit jantung, alzheimer, serta depresi. Suatu riset teranyar dari University of Pittsburgh School of Medicine sudah menyampaikan bahwa mereka yang makan ikan dengan teratur memiliki volume otak yang lebih besar, terkait dengan memori serta manfaat kognisi.

cara mengolah ikan segar
       
Ilustrasi foto: www.livinghuntington.com.


Tetapi, terdapat banyak panduan spesial dalam memproses ikan fresh agar faedah yang didapat lebih maksimal. Riset dari University of Pittsburgh School of Medicine dikerjakan lewat cara konsumsi ikan dipanggang dengan kata lain tak digoreng. Bahan makanan yang digoreng mempunyai jumlah kalori yang lebih tinggi apabila dibanding dengan makanan yang dipanggang, di rebus, atau dikukus. 

Apabila Anda mau memproses ikan agar lebih berguna untuk kesehatan Anda, baiknya nikmati saja ikan yang dibakar atau di rebus. Untuk memberi rasa lebih nikmat, di bawah ini terdapat banyak panduan yang dapat Anda cobalah agar ikan yang dipanggang terus memiliki citarasa yang enak, gurih, serta nikmat.

Tambahkan bumbu (rempah-rempah)
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Negara Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah. Anda bisa menambahkan beberapa bumbu kedalam ikan panggang. Bumbu tersebut diantaranya, perasan jeruk nipis, irisan bawang putih, ditambah jahe parut, bumbu kunyit dan cabai merah.

Gunakan lemak baik
Sebelum dimasak, sebaiknya ikan terlebih dahulu dibersihkan kemudian diolesi dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Anda juga bisa menggantinya dengan tomat yang sudah dikeringkan, kemangi, atau bisa juga dengan paprika merah. Setelah dimasak, taburkanlah diatasnya kacang-kacangan, irisan buah alpukat, atau satu sendok zaitun.

Dinginkan ikan
Selain dalam kondisi hangat, ikan juga dapat disajikan dalam keadaan dingin. Ikan yang telah dimasak dan didinginkan bisa dicampur ke dalam salad yang berisi beragam sayuran. Sehingga makan ini sering dikenal juga dengan nama seafood salad.

Campur dengan makanan lainnya
Ikan yang sudah usai dipanggang dapat di sajikan dengan makanan sehat yang lain. Umpamanya, tumis jamur, tumis sayur, nasi, kentang, ubi jalar, serta selada. Dengan memberikan sebagian makanan itu bikin rasa ikan jadi kurang dominan namun masih tetap menyehatkan.

Itulah langkah memproses ikan segar agar lebih sehat. Semoga artikel kesempatan ini berguna ya serta selamat coba tips-nya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Perawatan Kecantikan Dan Kesehatan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger