Tips Kesehatan Dan Kecantikan

logo blog

Manfaat Brokoli dan Kandungan Gizi didalamnya

Manfaat Brokoli dan Kandungan Gizi Didalamnya

Brokoli adalah salah satu type sayuran hijau yang memiliki nama latin Brassica oleracea L. Type sayuran yang satu ini termasuk juga kedalam keluarga kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli sendiri datang dari daerah laut tengah serta sudah lama dibudidayakan oleh orang-orang Yunani Kuno. Brokoli masuk ke Indonesia seputar th. 1970 an, bisa di katakan brokoli ini belum lama ada di Indonesia.

Walau disebutkan juga sebagai pendatang baru, di Indonesia nyatanya brokoli ini sudah jadi salah satu type sayuran yang cukup populer lho. Bahkan juga saat pertama kali brokoli ada di Indonesia, harga yang di tawarkan untuk type sayuran hijau ini cukup mahal hingga brokoli ini termasuk juga kedalam salah satu type sayuran paling berkelas.

Manfaat Brokoli

Seiring waktu berjalan, pada akhirnya dalam satu tahun lebih ini sayuran itu sudah sukses dibudidayakan oleh orang-orang Indonesia. Walau sekarang ini Anda dapat dengan gampang memperolehnya, namun masih tetap saja predikat yang sudah menempel pada brokoli juga sebagai sayuran berkelas tak dapat dilepaskan demikian saja. Hal semacam ini dapat dipandang dari banyak restoran terpenting di Indonesia yang masih tetap menghidangkan brokoli pada salah satu menu makanannya.

Dengan warna hijaunya yang begitu menggoda, kandungan gizi serta nutrisi yang ada didalamnya membuat sayuran berkelas ini mempunyai manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh. Menurut Anda, kira-kira apa saja sih kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada brokoli? Terus, apa saja manfaat brokoli terhadap kesehatan? Daripada bingung memikirkannya, lebih baik simak saja ulasannya berikut ini.

Kandungan gizi atau pun nutrisi didalam brokoli rupanya ada banyak dan bisa dibilang cukup lengkap. Kandungan gizi dan nutrisi tersebut diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K serta mineral zat besi dan kalsium. Selain itu, kandungan serat yang dimilikinya pun sangat baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Mengonsumsi brokoli secara rutin dan tidak berlebihan ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat baik terhadap kesehatan. Berikut ini adalah manfaat brokoli yang bisa Anda dapatkan.

Menjaga kesehatan mata
Pada umumnya orang lebih mengetahui bahwa sayuran yang mempunyai manfaat sangat baik terhadap kesehatan mata adalah wortel. Hal itu memang tidak salah, namun bukan hanya wortel saja yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Melainkan brokoli juga mempunyai manfaat yang cukup baik untuk kesehatan mata. Menurut beberapa penelitian, kandungan lutein karotenoid didalam brokoli dapat mencegah penyakit pada mata, misalnya katarak. Selain itu, kandungan vitamin A dalam brokoli pun dapat menyehatkan retina.

Mengatur tekanan darah
Bagi penderita tekanan darah tinggi, brokoli ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka. Karena brokoli ini mengandung potasium yang dapat membantu mengatur atau menstabilkan tekanan darah.

Menjaga kesehatan tulang
Untuk menjaga kesehatan tulang dibutuhkan yang namanya mineral kalsium dan juga vitamin K. Nah, kedua kandungan gizi tersebut bisa Anda dapatkan dari sayuran yang bernama brokoli ini. Ingin tulang Anda sehat dan kuat? Jalangan lupa untuk makan brokoli ya.

Mencegah kanker
Para ilmuwan telah menyatakan bahwa brokoli ternyata dapat mendetoksifikasi tubuh serta dikenal pula mempunyai sifat sebagai pencegah terjadinya kanker, baik itu kanker payudara, kanker usus besar, kanker ovarium dan kandung kemih. Brokoli dapat mencegah kanker karena memang didalam sayuran tersebut mempunyai kandungan indole dan isothiocyanate.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut Elizabeth Somer yang merupakan pakar kesehatan dan makanan, brokoli kaya akan kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Selain itu, brokoli juga terdiri dari fitonutrien, fitokimia, dan sulforaphane yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Menyehatkan sistem saraf
Brokoli memang mempunyai kandungan kalium di dalamnya, dan itu sangat bermanfaat untuk menjaga sistem saraf Anda supaya tetap sehat.

Membersihkan kulit
Untuk bersihkan kulit tak harus mesti dengan memakai product kecantikan, Anda dapat kok bersihkan kulit dengan brokoli. Karena brokoli memiliki kandungan glucoraphanin yang baik untuk sistem detoksifikasi kulit.

Nyatanya faedah brokoli untuk kesehatan itu cukup banyak ya, dari mulai saat ini janganlah pernah sangsi lagi untuk konsumsi sayuran hijau yang menyehatkan ini. Semoga berguna ya...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Perawatan Kecantikan Dan Kesehatan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger