Tips Kesehatan Dan Kecantikan

logo blog

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Buah salak adalah salah satu type buah-buahan yang seringkali di konsumsi. Buah salak juga termasuk juga kedalam salah satu makanan yang sangatlah pas dikonsumsi oleh mereka yang tengah menggerakkan program diet sehat. Buah yang umumnya terhidang di maja makan ini memiliki banyak faedah yang cukup utama untuk mendukung kesehatan badan seorang. Nah, untuk itulah di kesempatan ini kami bakal memberi info pada Anda bakal faedah buah salak untuk kesehatan badan Anda.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Tanaman salak tumbuh liar di jawa sisi barat daya serta di daerah sumatera sisi selatan. Tetapi, asal-usul dari buah salak tersebut masih tetap belum di ketahui dengan cara pasti. Salak rupanya banyak dibudidayakan seperti di Thailand, Malaysia, serta Indonesia. Di Negara barat, buah salak lebih di kenal dengan sebutan snake fruit karena bentuk kulit yang dipunyainya itu nyaris mirip sisik ular.

Di Negara Indonesia, buah salak sangatlah sangat banyak macamnya. Mungkin saja masing-masing daerah memiliki nama sendiri untuk buah yang satu ini. Walau demikian, dari demikian banyak type itu terdapat banyak type salak yang cukup popular di Negara Indonesia, seperti :
  • Salak sidimpuan dari Sumatera Utara
  • Salak condet dari Jakarta
  • Salak pondoh dari Yogyakarta
  • Salak bali tentunya dari bali
  • Salak Madura dari bangkalan Madura

Kandungan gizi buah salak
Selain mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam ditambah dengan bentuknya yang cukup unik, ternyata buah salak juga mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100 gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kk, protein 0.8 g, karbohidrat 90.3 g, lemak 0.4 g, kalsium 38 mg, fosfor 31 mg, dan zat besi 3.9 mg. Selain itu, didalam buah salak juga terdapat kandungan vitamin C sebesar 8.4 mg.

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Dengan kandungan gizinya yang cukup lengkap menjadikan buah salak mempunyai berbagai manfaat kesehatan bagi mereka yang mengonsumsinya. Manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi buah salak adalah sebagai berikut:

Meningkatkan kinerja otak
Penelitian mengungkapkan bahwa salak diklaim mampu meningkatkan kinerja otak karena adanya kandungan potassium dan pektin didalamnya. Potassium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom yang merupakan pengendali detak jantung guna meningkatkan fungsi otak dan proses fisiologi penting lainnya.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan pada jurnal “Integrative Cancer Therapies” diketahui bahwa pektin berpotensi mencegah dan mengobati kanker prostat. Pektin bekerja dengan cara menghambat reproduksi sel kanker serta menurunkan risiko terjadinya apotopsis, yaitu sel yang memprogram kematiannya sendiri.

Menjaga kesehatan mata
Kandungan beta karoten didalam buah salak cukup efektif untuk menjaga sekaligus memelihara kesehatan mata. Penelitian juga telah menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5.5 kali dari buah mangga dan buah semangka.

Apabila Anda kurang suka dengan jus wortel, Anda bisa menggantinya dengan jus salak untuk menjaga kesehatan mata Anda. Baca artikel selengkapnya tentang menjaga kesehatan mata di 10 cara mudah menjaga kesehatan mata

Membantu program diet
Buah salak mengandung serat yang cukup tinggi untuk membantu Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sehingga, dapat menghindarkan Anda untuk makan dalam porsi yang besar. Buah salak juga cukup baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Manfaat Buah Salak
Mencegah sembelit
Ada mitos yang cukup berkembang di masyarakat Indonesia bahwa mengonsumsi buah salak dapat mengakibatkan susah BAB. Padahal, mitos tersebut tidaklah sepenuhnya benar karena menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo, sebaiknya mengonsumsi buah salak itu jangan dibuang bagian kulit arinya.

Sebab, didalam kulit air itulah terdapat sejumlah kandungan serat yang berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit setelah mengonsumsi buah salak. Salak juga diperkaya dengan tanin, yaitu zat yang dikenal sebagai anti-diare.

Khasiat daun salak
Daun salak mempunyai khasiat dalam menghilangkan penyakit ambeien yang belum cukup parah. Cara pemanfaatannya, ambil 3 helai daun salak kemudian rebus dengan segelas air, kemudian air rebusan tersebut disaring dan diminum dengan ditambahkan gula merah secukupnya. Konsumsilah 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari.

Hati-hati mengonsumsi salak terhadap penderita maag, dan tifus

Walau banyak faedah yang dapat kita peroleh dari konsumsi buah salak. Tetapi, kita juga butuh untuk mewaspadai dampak dari buah salak. Buah salak yang memiliki rasa sepat tidaklah baik dikonsumsi oleh pasien maag serta radang usus lantaran tannin dalam buah salak dapat jadi parah keadaan usus yang luka serta susah untuk diolah. Kandungan serat yang tinggi bisa membahayakan kesehatan untuk pasien tifus serta talasemia yang disebut salah satu type penyakit darah

Demikian info untuk Anda tentang faedah salak untuk kesehatan Anda. Semoga dapat menaikkan wawasan baru untuk Anda serta selamat nikmati buah salak!
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Perawatan Kecantikan Dan Kesehatan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger